Alasan Memilih Produk Apple yang Harus Kamu Tahu

By | October 20, 2019

Produk Apple merupakan produk gadget yang sering menjadi incaran orang-orang di seluruh dunia mulai dari professional, entrepreneur, pebisnis, karyawan, hingga pelajar. Alasan memilih produk Apple menjadi gadget kita tentu memiliki banyak pertimbangan. Di tengah perkembangan dunia teknologi yang sangat pesat ini, produk Apple seperti iMac, Macbook, iPad, iPhone, iPod, dan iWatch tetap menjadi pilihan bagi sebagian orang. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? BisnisTekno.Com akan mengulasnya dari segi teknologi dan segi bisnis tentunya.

Alasan Dari Sisi Teknologi

Dari sisi teknologi, device besutan Apple memiliki kecanggihan teknologi yang jarang ditemukan pada perangkat lainnya. Contohnya saja adalah fitur Siri yang memungkinkan pengguna melakukan perintah suara pada perangkat mereka dengan mudah. Siri mungkin merupakan Virtual Assistant pertama yang hadir di dunia teknologi sehingga banyak yang ‘meniru’ nya seperti Cortana pada Windows 10 atau fitur Google Assistant pada Android. Meskipun banyak saingan, Siri tetap menjadi pilihan banyak orang karena mereka lebih nyaman menggunakan Siri daripada virtual assistant lainnya.

Alasan lainnya adalah dari efisiensi Sistem Operasi yang dipakai pada perangkat Apple. Sistem operasi yang digunakan seperti MacOS dan iOS memiliki efisiensi dalam menjalankan tugasnya sehingga performa perangkat akan tetap terjaga meskipun sudah dipakai lama. Perangkat Apple rata-rata lebih mengoptimalisasi pada prosesor dan RAM sehingga performa perangkat akan lebih maksimal meskipun dengan kapasitas RAM yang kecil sekalipun. Hal ini berbeda dengan rata-rata perangkat selain Apple yang terlihat lebih ‘boros’ pada performa. Misalnya saja pada Android, perangkat Android sekarang ini rata-rata memiliki RAM diatas 2 GB untuk menjalankan aktifitasnya sehari-hari. Bahkan RAM 2 GB pada android akan terasa lemot dipakai untuk berbagai kegiatan seperti multitasking atau gaming. Contoh lainnya adalah pada perangkat Windows yang kian lama akan terasa kian melambat performanya meskipun memiliki RAM atau prosesor yang tinggi. Berbeda dengan sistem operasi iOS pada iPhone atau MacOS pada Macbook meskipun menggunakan prosesor dan RAM yang tidak terlalu besar, namun performa perangkat lebih stabil meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Alasan ketiga mengapa orang lebih memilih produk Apple adalah tidak adanya virus, malware, atau trojan yang masuk ke perangkat milik Apple. Keamanan pada perangkat ini memang dirancang sedemikian rupa sehingga sangat jarang sekali kasus virus masuk kedalam iPhone, iPad, atau MacBook. Apple merancang produknya dengan mengutamakan keamanan data penggunanya. Itulah mengapa Bluetooth pada perangkat Apple tidak bisa digunakan untuk mengirim data seperti aplikasi, musik, dan lainnya. Selain itu, untuk menginstal aplikasi pengguna harus menginstal aplikasi melalui AppStore dimana AppStore merupakan aplikasi eksklusif milik Apple. Berbeda dengan perangkat lainnya seperti Android yang dapat menginstal aplikasi melalui pihak ketiga. Google Play Store di Android juga dapat dengan mudah disusupi malware karena developer aplikasi dapat dengan mudah mengunggah aplikasi ke Play Store.

User Interface dan User Experience pada perangkat Apple lebih mudah digunakan. Apabila anda adalah orang awam dan baru menggunakan produk Apple, maka anda tidak memerlukan waktu yang lama untuk dapat mengoperasikan perangkat. Bahkan anehnya, semakin lama pengguna menggunakan perangkat milik Apple maka pengguna akan semakin betah dan nyaman dengan tampilan User Interface nya. Selain itu, tampilan User Interface dari versi lama ke versi baru tidak mengalami perubahan yang signifikan sehingga pengguna tidak perlu menyesuaikan lagi dengan tampilan User Interface baru. Hal ini berbeda jauh dengan Android yang dari awal hingga sekarang memiliki User Interface yang berbeda-beda dan berubah. Selain itu, android membolehkan pihak ketiga / produsen smartphone untuk mengkustom User Interface pada perangkat sehingga tampilan User Interface pada masing-masing produsen akan berbeda. Misalnya tampilan MIUI dan ColorOS tentu sangat berbeda dengan tampilan OS Android bawaan. Selain itu, shortcut pada masing-masing perangkat tentu berbeda-beda caranya sehingga pengguna akan merasa kesulitan dalam menyesuaikan ke perangkat baru.

Teknologi yang dipakai pada perangkat Apple lebih terlihat mewah daripada perangkat lainnya. Kita lihat saja pada iPhone versi lama misalnya iPhone 4 atau 5 yang memiliki kamera super bening meskipun memiliki resolusi yang kecil. Selain itu, kemampuan kamera pada produk Apple mampu menghasilkan gambar yang lebih realistis jika dibandingkan dengan produk lainnya. Menurut saya sendiri, satu-satunya pesaing kamera Apple dengan kualitas yang hampir menyamai Apple hanyalah produk Google dan Samsung generasi terbaru. Dari segi layar yang dipakai, Apple sudah menggunakan layar yang super bening dan tajam dengan Retina Display. Layar dari produk Apple memang sejak dulu sudah dikenal bening dan tajam dibandingkan produk lainnya.

Alasan lain yang tak kalah menarik adalah produk Apple lebih irit resource sehingga dengan kapasitas penyimpanan yang sedikit, pengguna tetap bisa menyimpan banyak file. Ditambah lagi dengan kehadiran iCloud dan iTunes yang mempermudah pengguna dalam menyimpan file. Pengguna produk Apple bahkan bisa memutar musik yang disimpan di iTunes tanpa harus mendownloadnya kembali. Apple memang mengoptimalkan penyimpanan pada device dengan memanfaatkan fitur Cloud.

Baca juga: Cara Cek IMEI pada iPhone Untuk Pemula

Alasan Orang Menggunakan Produk Apple dari Sisi Bisnis

Jika diatas sudah disebutkan beberapa alasan mengapa orang lebih memilih produk Apple dari sisi teknologi, kini saya akan membahas dari sisi bisnisnya. Alasan yang pertama adalah keamanan pada perangkat lebih terjamin. Sebagai seorang pebisnis / entrepreneur tentunya keamanan data pribadi pada perangkat menjadi isu yang utama. Di perangkat Apple, keamanan data pengguna akan lebih terjamin karena fitur yang dibawa seperti iCloud, lost device, dan lainnya.

Alasan lain adalah dari desain tampilan perangkat yang simpel namun tetap elegan dan mewah. Kita pasti tahu dari dulu perangkat Apple memiliki desain yang mewah dengan bahan yang berkualitas dan tidak mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Desain perangkatnya memang terlihat simpel namun terkesan elegan ketika dilihat sehingga sangat cocok dibawa untuk berbisnis sehingga terlihat lebih professional.

Alasan yang cukup penting dari penggunaan produk Apple adalah mengajarkan untuk berhemat. Mengapa demikian? Kebanyakan orang yang memakai produk Apple akan setia dan tidak sering berganti perangkat. Hal ini dikarenakan produk Apple masih tetap worth meskipun sudah dipakai beberapa tahun sekalipun. Berbeda dengan produk lain seperti Android yang apabila dipakai lebih dari 2 tahun akan terasa ketinggalan jaman. Tentunya hal ini akan membuat pengguna harus berganti-ganti perangkat untuk menunjang aktifitas bisnisnya.

Nah, itulah beberapa alasan memilih produk Apple yang harus kamu tahu. Bukan berarti saya adalah fans produk Apple, namun jika dilihat dari faktanya memang benar bahwa produk-produk dari Apple memang sangat menunjang untuk berbisnis. Sekali lagi, pilihan tetap berada ditangan anda apakah ingin menggunakan perangkat Apple atau perangkat lain seperti Android, Windows / Linux. Apabila kita terasa nyaman dalam menggunakan sebuah device, maka aktifitas harian kita dalam berbisnis akan lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *