Cara Cek IMEI Pada iPhone Untuk Pemula

By | September 9, 2019
cek imei pada iphone

Imei (International Mobile Equipment Identity) merupakan sebuah kode khusus pada ponsel yang unik atau tidak memiliki kesamaan antar device. Cara cek IMEI pada iPhone sebenarnya sangat mudah dilakukan bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan iPhone. Lalu bagaimana dengan mereka yang baru mau membeli iPhone, terutama iPhone second / bekas?

Tentunya mengecek IMEI iPhone adalah sebuah keharusan untuk mengetahui apakah ponsel itu asli atau barang palsu / barang ilegal. Apalagi sekarang ini pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan baru bahwa ponsel yang tidak memiliki IMEI atau IMEI-nya tidak terdaftar, maka tidak akan dapat digunakan di wilayah Indonesia. Bagi anda yang ingin membeli iPhone baru atau second, silakan simak cara cek IMEI pada iPhone berikut ini:

Cek iPhone dari iPhone itu Sendiri

Cara pertama dan yang paling utama adalah dengan mengecek IMEI ponsel dari ponsel itu sendiri. Caranya sangat simpel dan mudah, yang terpenting iPhone berada di tangan anda, tidak ditangan orang lain apalagi hanya via video call.

  1. Melalui kode pada Call dengan menekan *#06#. Caranya sangat mudah yakni buka iPhone, kemudian pergi ke menu Call seperti anda mau menelpon seseorang. Lalu tekan kode *#06# pada layar, maka kode IMEI akan muncul.
  2. Melalui menu Settings. Cara kedua adalah dengan masuk pada menu Settings > General > About. Maka informasi IMEI akan muncul dan bisa anda gunakan untuk menuliskannya di situs Kementrian Perindustrian untuk mengetahui apakah IMEI tersebut terdaftar atau tidak.
lokasi kode IMEI iPhone di slot SIM

Lalu bagaimana jika ternyata iPhone anda habis baterai? Tenang, ternyata kode IMEI pada iPhone juga tertulis pada body ponsel. Ada 2 lokasi dimana kode IMEI ini tertulis, lokasi pertama berada pada bagian belakang ponsel disebelah bawah. Selanjutnya lokasi kode IMEI iPhone lainnya berada di slot SIM / microSD dengan tulisan yang sangat kecil.

Cek IMEI iPhone pada Laptop / Komputer

Selain dapat dicek pada device langsung, ternyata IMEI iPhone juga bisa anda cek ketika iPhone sedang terhubung pada laptop / komputer. Caranya adalah dengan membuka aplikasi iTunes yang ada di laptop. Namun pastikan bahwa iPhone anda sudah benar-benar connect pada laptop / komputer dan sudah terdeteksi.

Informasi IMEI iPhone pada aplikasi iTunes

Klik pada icon iPhone anda, kemudian buka Menu Ringkasan / Summary. Di dalam menu tersebut terdapat informasi mengenai ponsel anda. Apabila tidak terdapat informasi IMEI, silakan anda double klik pada informasi No Telepon.

Langkah Selanjutnya Setelah Cek IMEI Apa?

Selanjutnya, anda bisa salin kode IMEI tersebut, kemudian buka situs Cek Imei Kemenperin. Tuliskan kode IMEI iPhone anda, dan Submit apakah IMEI anda terdaftar di database Kemenperin ataukah tidak. Apabila terdaftar, maka iPhone anda memang resmi. Namun apabila tidak terdaftar, anda patut mencurigai iPhone tersebut apakah barang ilegal atau bukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *