Google Pixel 4 dan 4 XL Sekilas Review Spesifikasi dan Harga

By | October 16, 2019
google pixel 4

Google akhirnya secara resmi merilis produk smartphone android terbarunya yakni Google Pixel 4 dan 4 XL. Kedua produk ini merupakan generasi penerus dari produk sebelumnya yaitu Google Pixel 3. Ponsel ini digadang-gadang menjadi produk andalan dari Google untuk pengguna android. Lalu seperti apa fitur dan spesifikasi yang dibawanya, kelebihan dan kekurangannya seperti apa? Berikut sekilas review Google Pixel 4 dan 4 XL yang harus anda simak.

Review Google Pixel 4 dan 4 XL

Fitur baru yang menonjol dari Google Pixel 4 dan 4 XL adalah pada segi kamera. Kedua ponsel ini memiliki dual kamera belakang yang memiliki kemampuan telefoto dengan menggunakan optic dan digital zoom sehingga menghasilkan foto makro yang bagus. Kamera belakang yang digunakan memiliki resolusi 12,2 MP (wide) dan 16 MP (telephoto). Google meningkatkan performa kamera di kedua produk terbarunya ini terutama pada fitur Night Sight, Long Exposure Astrophotography dan dual exposure control sehingga menghasilkan foto yang lebih berkualitas. Sayangnya fitur ultra-wide belum hadir pada kedua ponsel ini, padahal merek lain sedang gencar-gencarnya menghadirkan fitur ultra-wide pada kameranya.

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah disematkannya teknologi Kontrol Gesture yakni Motion Sense yang membuat ponsel lebih responsive terhadap pengguna. Pengguna bahkan tidak perlu menyentuh ponsel untuk memerintahkan ponsel, cukup dengan gestur tangan saja maka ponsel akan melakukan perintah pengguna. Sensor Motion Sense ini berada di bezel bagian atas ponsel dan bekerja sebelum pengguna menyentuh layar ponsel. Selain itu, dibagian bezel atas juga tersemat kamera dengan fitur Face Unlock yang juga bekerja sebelum pengguna menyentuh ponsel. Kamera depan ponsel ini sudah bekerja untuk mengenali wajah ketika pengguna mendekati ponsel. Bahkan Google mengklaim ponsel Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL memiliki fitur Face Unlock tercepat di dunia.

Soal dapur pacu, Google Pixel 4 dan 4 XL mengusung chipset Snapdragon 855 yang dipadukan dengan GPU Adreno 640 dan RAM berkapasitas 6 GB. Tentunya performa ponsel ini cukup mumpuni untuk dipakai multitasking maupun aktifitas game. Kapasitas penyimpanan ponsel ini juga lumayan besar dengan varian 64 GB dan 128 GB. Sayangnya, Google tidak membekali ponsel ini dengan card slot sehingga pengguna tidak bisa menambah kapasitas penyimpanan ponsel. Kekecewaan lainnya adalah tidak tersedianya lubang jack 3.0 untuk headset, otomatis pengguna harus menggunakan konventer USB type-C to 3.5 jack audio. Ponsel ini memiliki kapasitas baterai yang cukup mini yaitu LiPo 2800 mAh. Untuk menutupi kekurangannya ini, Google memberikan fitur Fast Charging 18 W sehingga pengisian daya baterai akan berlangsung cukup cepat.

Kelebihan Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL

Kelebihan kedua ponsel terbaru dari Google ini terletak pada fitur dual kamera yang merupakan ponsel dual kamera pertama milik Google. Selain itu, fitur pada kameranya juga memiliki pengembangan yang cukup signifikan. Selain itu, teknologi MotionSense pada kedua produk terbaru ini merupakan keunggulan yang cukup menarik.

Kekurangan Google Pixel 4 dan Google Pixel 4 XL

Kekurangan pertama yang cukup mengganggu adalah kapasitas baterai yang kecil hanya 2800 mAh. Tentu kapasitas baterai yang kecil akan membuat pengguna lebih sering mencharge ponsel setiap harinya. Apalagi penggunaan smartphone pada pengguna biasanya cukup lama dengan beragam aktifitas. Kekurangan lainnya adalah tidak adanya fitur fingerprint pada ponsel. Selain itu, tidak adanya lubang jack 3.5 dan card slot membuat banyak orang ilfill dengan ponsel ini.

Soal harga, kedua ponsel ini kemungkinan masuk ke Indonesia di harga 11 – 13 jutaan. Harga yang cukup tinggi, namun kualitas ponsel besutan Google juga tidak bisa dianggap remeh mengingat pendahulunya sukses di pasaran dengan kualitas yang tidak kalah dari ponsel High End lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *