Ide Bisnis Dari Rumah Dengan Modal Koneksi Internet

By | April 24, 2020
Ide bisnis dari rumah

Saat ini banyak orang yang mencari ide bisnis dari rumah dengan modal yang minim serta dapat menghasilkan pemasukan yang lumayan. Di tengah wabah Pandemik Covid-19 yang mengharuskan masyarakat untuk bekerja dari rumah dan meminimalisir aktifitas di luar rumah tentunya membuat banyak orang memutar otak bagaimana caranya menghasilkan uang dari rumah tanpa harus keluar rumah. Nah, kali ini Bisnistekno akan membagikan beberapa ide bisnis yang bisa kamu coba ketika berada di rumah hanya bermodalkan koneksi internet. Berikut penjelasannya

Untuk memulai berbisnis dengan modal internet tentunya hal yang harus kita persiapkan adalah koneksi internet dan juga handphone atau laptop. Selain itu, kita harus mau berinvestasi dalam hal ini adalah investasi waktu karena tidak ada yang instan dalam berbisnis apalagi bisnis online atau berbisnis di internet. Tentunya kita membutuhkan waktu yang cukup untuk mau belajar dan mencoba bahkan tidak jarang pula kita akan merasakan kegagalan. Sebelum terjun ke dunia bisnis di internet tentu kita harus menanamkan mindset yang benar dan tekad yang kuat agar kita tidak mudah putus asa karena usaha kita tak kunjung membuahkan hasil. Tetap fokus dalam satu hal dan konsisten dalam belajar dan memahami dunia bisnis tentu suatu saat usaha kita akan membuahkan hasil yang memuaskan. Maka dari itu sebelum kita memulainya kita harus benar-benar yakin dan tak pantang mundur. Nah jika mindset itu sudah tertanam dalam otak kita, mari kita lanjut kepada ide bisnis dari rumah apa saja yang cukup menjanjikan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi dari kami:

Youtuber. Saat ini banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi seorang Youtuber meskipun dengan minim modal dan minim kemampuan. Alhasil persaingan di dunia Youtube semakin ketat dengan penghasilan yang juga semakin kecil bagi para Youtuber terutama mereka yang bermain Google Adsense. Nah, tips dari Bisnistekno adalah cobalah menjadi Youtuber dengan konten yang unik dan menarik jarang ada di Youtube. Gali potensi diri anda kira-kira konten seperti apa yang jarang ada di Youtube dan menarik untuk ditonton. Jangan lupa juga untuk mulai belajar editing video sehingga video yang kita upload di Youtube adalah video dengan kualitas yang bagus. Ingat, fokuslah pada kualitas video bukan kuantitas video karena yang dibutuhkan orang ketika menonton video di Youtube adalah kualitas video yang bagus. Misalnya jika kamu merekam pakai hp, gunakanlah stabilizer atau tripod agar video yang dihasilkan tidak goyang-goyang. Untuk menghasilkan uang dari Youtube, ada banyak cara yang bisa kamu pakai salah satunya adalah melalui penayangan iklan dari Google Adsense. Namun persyaratan untuk dapat dimonetisasi sekarang semakin sulit yaitu Youtuber harus memiliki channel Youtube dengan minimal subscriber 1000 dan jam tayang 4000 dalam 1 tahun terakhir. Jika kamu kesulitan mendaftarkan Google Adsense, fokuslah membangun channelmu sehingga memperoleh banyak subscriber. Ada jalan lain yang bisa kamu tempuh yaitu dengan membuka jasa paid promote atau berjualan sesuatu di video yang kamu upload.

Blogger. Sama halnya seperti Youtuber seorang blogger harus memiliki konten yang unik dan menarik untuk dibaca. Carilah topik yang kamu sukai misalnya tentang bisnis teknologi seperti di web Bisnistekno.com ini atau topik lain seperti hobi, dll. Fokuslah menulis konten yang unik dan juga bermanfaat bagi orang banyak dan carilah pengunjung blog kamu sebanyak mungkin. Dengan begitu maka uang akan cepat datang seperti dengan menjual sesuatu di blog kamu, membuka jasa penayangan konten di dalam blog, dan masih banyak yang lainnya.

Microstock. Di internet ada banyak sekali layanan microstock yang bisa kamu manfaatkan. Situs-situs microstock ini biasanya menjual berbagai gambar, vektor, logo, ilustrasi, video, musik, dan lainnya dengan harga yang sangat murah. Kamu bisa memanfaatkan ini jika kamu adalah orang yang hobi fotografi, desainer grafis, editor video, composer, dan lainnya. Kamu bisa mengupload karyamu ke situs-situs microstock yang ada. Beberapa microstock yang terkenal antara lain: Shutterstock, Freepik, Adobe Stock, iStock, Envato element, dan masih banyak lagi. Keuntungan jika kita mengupload karya kita ke microstock adalah kita akan mendapatkan uang ketika ada orang yang mengunduh gambar/karya kita. Bayarannya memang cukup kecil sekitar 0.25 USD per download tapi jika yang download ribuan orang dan kita memiliki banyak gambar maka bukan tidak mungkin kita akan menghasilkan banyak uang hanya dari upload-upload foto di microstock. Jika kamu adalah pemula, kami sarankan untuk mencoba satu microstock yang sangat cocok untukmu yaitu Shutterstock. Dengan menjadi contributor di Shutterstock, kamu bisa upload foto, vektor, iilustrasi, footage, dll. Keunggulan Shutterstock dibanding microstock yang lain adalah proses review gambar yang relatif cepat hanya dalam hitungan jam bahkan menit saja karyamu sudah bisa tampil di halaman Shutterstock. Jika kamu tertarik untuk mendaftar di shutterstock, kamu bisa mendaftar menjadi Shutterstock Contributor.

Dropshipper. Bisnis tanpa modal yang satu ini sangat cocok jika kamu adalah orang yang suka jualan. Dengan menjadi dropshipper selain kita tak perlu stok barang, kita juga tak perlu keluar rumah untuk memproses orderan konsumen. Cukup duduk manis di depan laptop atau hp sambil memproses orderan. Untuk menjadi seorang dropshipper, terlebih dahulu yang harus dilakukan adalah riset dulu jualan apa yang sedang dicari banyak orang atau produk apa yang sedang laris di pasaran, kemudian carilah supplier. Mencari supplier ini bisa kamu lakukan melalui marketplace terkenal seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan masih banyak lainnya. Kamu tinggal cari produk apa yang ingin kamu jual kemudian carilah produk dengan penjualan yang sudah banyak dan carilah supplier yang fast response agar orderan kamu tidak terlalu lama memprosesnya. Selanjutnya kamu bisa jualan di marketplace, toko online sendiri, atau melalui media sosial.

Membuka kursus online. Jika kamu adalah orang yang expert di bidang tertentu kamu bisa saja membuka kursus online dengan mengandalkan teknologi yang ada. Jaringlah pesertamu dan bagikan jadwal kursus kepada peserta kursusmu.

Menjadi freelancer. Menjadi freelancer adalah salah satu bisnis yang bisa kamu lakukan selama ada di rumah. Banyak situs-situs freelancer yang bisa kamu daftar seperti freelancer.com fiverr.com project.co.id dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencari pekerjaan apa yang sedang dibutuhkan dan tawarkan diri anda untuk mendapatkan pekerjaan itu seperti entry data, mendesain, programming, menulis, membuat video animasi, menerjemahkan bahasa, dan lainnya. Apabila harga yang kamu tawarkan cukup murah dan dikerjakan dengan memuaskan maka akan banyak customer yang kembali order ke kamu loh.

Nah, itulah beberapa ide bisnis dari rumah dengan modal koneksi internet saja. Namun semua ide bisnis tersebut harus kamu lakukan dengan sungguh-sungguh dan tetap berorientasi pada kualitas bukanlah kuantitas. Meskipun jualan/karyamu tidak terlalu banyak tapi jika kualitasnya diatas rata-rata maka banyak orang yang akan membelinya. Jangan terlalu cepat mengeluh dan berputus asa apabila belum menghasilkan serta terus tingkatkan profesionalitasmu dan skillmu sehingga mampu mendapatkan hasil yang kamu targetkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *