Teknologi eSIM Pada Smartphone, Kelebihan dan Kekurangannya

By | September 10, 2019
teknologi esim

Perkembangan dunia teknologi semakin pesat dan yang tidak berinovasi tentunya akan ketinggalan jaman. Salah satu teknologi baru yang saat ini sedang booming di Indonesia adalah teknologi eSIM. Teknologi eSIM (Embedded Subscriber Identity Module) merupakan teknologi baru di dunia provider yang memungkinkan pengguna smartphone memiliki nomor HP tanpa harus memasukkan kartu SIM. Teknologi eSIM sendiri dikembangkan oleh GSMA dan mulai digunakan di berbagai belahan dunia.

Di Indonesia sendiri, eSIM baru dikenalkan oleh provider Smartfren. Smartfren melakukan gebrakan baru dengan mengeluarkan produk eSIM dan merupakan provider pertama di Indonesia yang mengeluarkan eSIM. eSIM milik smartfren ini bisa pelanggan dapatkan dengan mendatangi langsung galeri Smartfren di beberapa daerah di Indonesia. Sedangkan smartphone yang sudah support eSIM adalah perangkat milik Apple yakni iPhone XS, iPhone XR, dan iPhone XS Max.

Teknologi eSIM Mengubah Model Bisnis

Dengan adanya teknologi baru eSIM ini, tentu keberadaan kartu SIM fisik akan segera tergantikan. Tentunya model bisnis provider di Indonesia juga akan berubah karena proses registrasi eSIM yang lebih mudah, dan cara mendapatkannya tentu juga akan berbeda. Kedepan, tentunya teknologi eSIM akan berkembang lebih jauh lagi dan tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang pengguna smartphone dapat menggunakan layanan provider dimanapun mereka berada hanya dengan registrasi eSIM melalui internet.

Era peralihan dari kartu SIM menuju ke eSIM tentu akan terjadi dalam beberapa tahun kedepan. Sudah barang tentu masa peralihan ini akan menimbulkan pro dan kontra di masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia belum semuanya siap dengan penggantian SIM card menuju ke eSIM. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan eSIM?

Kelebihan eSIM dibandingkan SIM card

  • Penggunaan eSIM lebih praktis karena tidak lagi memerlukan bentuk fisik dari SIM. Untuk menggunakan eSIM, pengguna hanya tinggal melakukan scan QR code menggunakan ponsel mereka saja.
  • Kelebihan eSIM lainnya adalah pengguna tidak perlu bongkar pasang telepon apabila ingin menggunakan eSIM.
  • Pengguna tidak perlu khawatir kehilangan kartu SIM karena eSIM sudah menggunakan chip yang terpasang dalam smartphone.
  • Jaringan lebih stabil. eSIM diklaim memiliki koneksi yang lebih stabil dibandingkan dengan kartu SIM konvensional. Hal ini tentunya menjadi keunggulan eSIM yang sangat ditonjolkan.

Kekurangan eSIM

Selain memiliki kelebihan, ternyata penggunaan eSIM juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:

  • Pengguna yang ingin menikmati layanan eSIM harus mengganti smartphone lama mereka dengan smartphone baru yang sudah support eSIM. Ini adalah masalah terbesar penggunaan eSIM, karena rata-rata smartphone yang beredar masih belum support eSIM.
  • Masa peralihan eSIM akan berlangsung cukup lama. Karena apabila ingin menggunakan eSIM harus memiliki smartphone yang sudah support eSIM. Saat ini perangkat smartphone yang sudah support eSIM baru produk terbaru Apple yakni iPhone XS, iPhone XR, dan iPhone XS Max. Tentu masa penggantian smartphone lama ke smartphone baru yang support eSIM akan membutuhkan waktu yang lama. Hal ini dikarenakan faktor ekonomi setiap orang berbeda sehingga kemampuan beralih menggunakan eSIM juga akan berbeda-beda.
  • eSIM akan lebih rawan terhadap penyalahgunaan. Hal ini dikarenakan chip eSIM sudah tertanam di dalam ponsel. Nomor eSIM pengguna dapat disalahgunakan pihak tertentu apabila ponsel kita hilang / rusak dan sedang di service. Kekurangan ini bisa dicegah dengan menghapus profil eSIM pada ponsel terlebih dahulu sebelum di service / diperbaiki sehingga orang lain tidak dapat mengakses nomor eSIM kita.
  • Tidak bisa sembarangan ganti perangkat ponsel. Kekurangan eSIM lainnya adalah apabila kita berganti ponsel, maka tidak serta merta kita bisa memindahkan nomor eSIM ke ponsel baru. Hal ini dikarenakan eSIM hanya dapat dipindai oleh 1 perangkat saja. Apabila kita ingin migrasi nomor eSIM ke perangkat baru, maka kita harus mendatangi galeri provider terlebih dahulu.

Itu adalah beberapa kelebihan dan kekurangan eSIM menurut sudut pandang saya. Sebenarnya teknologi eSIM akan jauh dapat berkembang kedepan. Menurut saya pribadi, teknologi baru ini memiliki dampak yang sangat besar bagi perkembangan bisnis provider di dunia. Proses bisnis para provider akan berubah dengan hadirnya teknologi eSIM ini. Provider yang tidak bisa / enggan mengikuti teknologi baru ini tentu akan tergulung dengan mereka yang melakukan inovasi baru terhadap teknologi ini. Namun teknologi baru ini harus benar-benar kita teliti apa kelebihan serta kekurangannya agar kedepannya teknologi eSIM menjadi sebuah solusi, bukan malah menambah masalah baru di Indonesia. Dari sisi pemerintah juga sebaiknya mengikuti perkembangan teknologi ini agar kedepannya teknologi ini dapat di implementasikan di Indonesia tanpa ada kendala yang serius bagi masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *